Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lowongan Kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan adalah badan hukum publik yang bertugas melindungi semua pekerja dengan 4 program jaminan sosial.

Lowongan Kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang

Pemerintah bertanggung jawab dan berkewajiban menyelenggarakan program jaminan sosial nasional ini – untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat. Namun, program ini dilaksanakan dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan Pemerintah. Indonesia, seperti negara berkembang lainnya, sedang mengembangkan program jaminan sosial berbasis jaminan sosial yang didanai. Artinya, peserta akan membiayai jaminan sosial tersebut. Oleh karena itu, program ini terbatas pada masyarakat pekerja yang bergerak di sektor formal.


Proses terbentuknya PT Jamsostek (Persero) memiliki sejarah yang panjang. Dimulai dengan UU No.33/1947 jo UU No.2/1951 tentang Kecelakaan Kerja, Peraturan Menteri Tenaga Kerja (PMP) No.48/1952 jo PMP No.8/1956 tentang Pengaturan Bantuan Kesehatan Tenaga Kerja Inisiatif Penyediaan, PMP No. 15/1957 tentang Pembentukan Yayasan Dana Jaminan Sosial (YDJS), dan Pemberlakuan UU No. 14 Tahun 1969 tentang Ketenagakerjaan Pokok. Proses jaminan sosial ini berjalan secara kronologis dan transparan.


Setelah mencatat sejumlah kemajuan dan pencapaian yang baik dari segi landasan hukum, perlindungan dan pengelolaan, pada tahun 1977 tonggak sejarah pembangunan jaminan sosial lainnya dicapai dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) No. 33 Tahun 1977 tentang Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja. (ASTEK), dimana semua pemberi kerja/swasta/BUMN wajib mendaftarkan karyawannya dalam Program ASTEK. Selain itu juga diterbitkan PP No. 34 Tahun 1977 tentang Pembentukan Forum Penyelenggara ASTEK yaitu Perum Astek.


Tonggak sejarah berikutnya adalah lahirnya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK). Berdasarkan PP No. 36/1995, PT Jamsostek ditunjuk sebagai penyelenggara JAMSOSTEK. Program Jamsostek memberikan perlindungan dasar untuk memenuhi kebutuhan minimum pekerja dan keluarga inti mereka dengan jaminan aliran pendapatan rumah tangga yang tidak terputus dengan kompensasi, sebagian atau seluruhnya, atas pendapatan mereka yang hilang sebagai akibat dari risiko sosial.


Selanjutnya pada akhir tahun 2004 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Undang-undang ini untuk merespon Perubahan UUD 1945 terhadap Pasal 34 ayat 2 yang diubah menjadi: “Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan kelompok masyarakat yang terpinggirkan dan lemah secara ekonomi berdasarkan nilai-nilai harkat dan martabat kemanusiaan.” Manfaat perlindungan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada pekerja sehingga memungkinkan mereka untuk lebih berkonsentrasi dalam menumbuhkan motivasi mereka untuk bekerja dan pada gilirannya dapat meningkatkan produktivitas mereka.


PT Jamsostek (Persero) yang lebih fokus untuk memenuhi kepentingan dan hak normatif tenaga kerja Indonesia dengan 4 (empat) program perlindungan, yaitu Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Hari Tua (JHT). Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) bagi seluruh pekerja dan keluarga inti tetap berjalan sampai dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011.


Pada tahun 2011, Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) diundangkan. Sesuai amanat undang-undang ini, pada tanggal 1 Januari 201PT Jamsostek diubah namanya menjadi Badan Hukum Publik. PT Jamsostek (Persero) yang bertransformasi menjadi BPJS (Pemberi Jaminan Sosial) tetap dipercaya menjalankan program jaminan sosial nasional ini, yang meliputi JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian) dan JHT (Jaminan Hari Tua) plus jaminan baru , yaitu Jaminan Pensiun per 1 Juli 2015.


Sebagai wujud apresiasi yang tinggi atas tanggung jawab yang besar dan luhur tersebut, BPJS Ketenagakerjaan terus berupaya meningkatkan kompetensinya di semua lini pelayanan sekaligus mengembangkan beragam program dan manfaat yang dapat dinikmati langsung oleh pekerja dan keluarganya.


Kini, dengan semakin ditingkatkannya program sistem manajemen yang dicanangkan BPJS Ketenagakerjaan, inisiatif jaminan sosial nasional ini tidak hanya memberikan manfaat bagi karyawan dan pemberi kerja tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Saat ini BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang sedang membuka lowongan kerja untuk mengisi posisi sebagai berikut : 


Perisai (Marketing)


Persyaratan : 
  • Pendidikan minimal SMA/sederajat
  • Usia tidak lebih dari 35 tahun
  • Berwawasan luas, dan aktif berorganisasi serta punya banyak relasi kerja
  • Berpenampilan menarik
  • Menyukai kerja dengan target
  • Jujur dan berintegritas
  • Memiliki kendaraan Pribadi
  • Memiliki Laptop dan Smartphone
  • Memiliki Rekening Bank Cimbniaga / BNI
  • Domiili Kota Serang dan sekitarnya

Tugas : 
  • Memperluas cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Sektor Formal dan Informal
  • Memastikan semua peserta tertib membayar iuran
  • Melayani klaim peserta yang mengalami resiko
  • Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta


Jika anda tertarik dan memeiliki kualifikasi dia atas silahkan kirim lamaran ke Email [email protected] 


Alamat Kantor BPJS Ketenagakerjaan Serang
Jalan Kol Tb Suwandi (depan Gedung Graha Pena Radar Banten) Serang
Selamat Berjuang, semoga di mudahkan dalam ikhtiar mencari kerjanya